Rabu, 05 Februari 2014

Barry Backup - Blackberry Data Backup Untuk Linux


Bismillah,...

Barry Backup, aplikasi pengganti Desktop Manager yang berfungsi untuk mem-backup data pada Blackberry® handheld. Namun dengan fungsi yang sangat terbatas. Barry Backup hanya dapat digunakan untuk mem-backup data saja, seperti data kontak telepon, kontak BBM, file konfigurasi, dan data-data lainya tanpa disertai dengan kemampuan untuk mem-backup file-file seperti file lagu, file gambar (foto), atau file-file lainya yang tersimpan pada perangkat. Mungkin karena Blackberry® sendiri akan secara otomatis menjadi card-reader saat terhubung ke komputer, maka fungsi file-backup dirasa belum diperlukan.




Berikut ini adalah tampilan utama Barry Backup:


Saat perangkat Blackberry® terhubung dan teridentifikasi, akan muncul kotak dialog yang meminta input nama perangkat. Masukan nama apa saja.


Nama perangkat juga bisa dirubah sewaktu-waktu dengan cara menyorot/ memilih perangkat yang terhubung, kemudian memilih tombol [config...].


Backup dan restore, kita bisa memilih data mana saja yang akan disimpan dan dikembalikan. Keduanya dapat di pilih sesaat sebelum proses backup/ restore dijalankan.





Setelah semua konfigurasi disimpan, berikut ini adalah gambar dari proses backup-nya:


Data hasil backup, bisa ditemukan dibawah folder user (/home/<username>/.barry/backup/<PIN>).



Untuk instalasi secara manual, Barry Backup dapat di download di http://sourceforge.net/projects/barry. Tapi sebelumnya, lebih baik diperiksa dulu pada daftar repository dari distro yang digunakan karena paket-paket yang disediakan pada repository, biasanya lebih stabil karena telah disesuaikan untuk sistem tertentu, :D

Bagi yang suka meng-utak-atik handheld-nya, semoga tulisan sederhana ini dapat membantu, sekian dan terimakasih,... :-)