Minggu, 21 September 2014

Rooting Samsung Galaxy Note 3 SM-N9006 - Android 4.3 - Cina


Bismillah,...

Beberapa waktu lalu, saya mendapat sebuah smartphone Samsung Galaxy Note 3 dengan nomor model SM-N9006 yang ternyata adalah smartphone produksi Cina karena saat saya hubungkan ke komputer, perangkat ini terdeteksi sebagai MTK board (MediaTek) seperti kebanyakan board yang banyak digunakan oleh smartphone Cina.





Untuk informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi http://www.droidgod.com/2014/06/samsung-galaxy-note-3-sm-n9006-full-specifications-and-features atau gunakan program system info yang bisa didapatkan dari https://play.google.com/store/search?q=system+info&c=apps.


Oke, disini saya tidak akan membahas lebih jauh lagi tentang produk ini karena disini yang akan saya bahas adalah proses rooting Android 4.3 yang saya lakukan pada perangkat ini dan tentunya, saya menggunakan komputer dengan sistem operasi Linux.

Pada proses rooting kali ini, saya menggunakan exploit Root Android yang bisa didapatkan dari http://sourceforge.net/projects/rootandroid. Download lalu ekstrak paket kemudian pindah direktori aktif ke dalam folder hasil ekstrak.

Dalam folder hasil ekstrak program, terdapat dua folder dan dua file. Dua folder itu adalah Root Ice Cream Sandwich (4.0.x) dan Root Jelly Bean (4.1.x to 4.2.x). Ya, disini tidak ada exploit untuk rooting Android 4.3 yang digunakan oleh Samsung Galaxy Note 3 - SM-N9006. Untuk itu, saya menggunakan exploit yang paling dekat dengan versi Android yang akan di-root. Yaitu Root Jelly Bean (4.1.x to 4.2.x).


Pindah direktori aktif ke dalam folder Root Jelly Bean (4.1.x to 4.2.x). Rubah atribut file run.sh dan adb.linux menjadi executable dengan perintah chmod.


chmod +x run.sh adb.linux

Aktifkan mode USB Debugging dari Settings -> General -> Developer Options. Kemudian hubungkan smartphone ke komputer menggunakan USB mini atau USB 3 dan jalankan script run.sh.


./run.sh


Dari sini, tekan enter untuk melanjutkan.


Kemudian tekan enter lagi dari sini untuk me-restart smartphone dan keluar dari program.

Selesai. Begitu mudah dan begitu cepat. Tidak serumit proses rooting Android 2.3 yang pernah saya posting pada edisi lalu, :D


Ini hasil dari proses rooting yang sangat mudah dan cepat yang baru saja dilakukan.

Saat pertama kali dibuka, aplikasi SuperSU akan meminta
untuk melakukan update binari SU pada sistem.
Tekan yes untuk meng-update.



Oh iya, proses ini juga bisa dilakukan menggunakan sistem operasi lain selain Linux. Seperti Microsoft Windows dan Mac OS X. Hanya saja, akan ada langkah-langkah ekstra bila menggunakan sistem operasi Microsoft Windows seperti instalasi driver. Dan untuk Mac OS X, saya kurang tau karena saya tidak memiliki sistem operasi tersebut, ;-)

PERINGATAN!!!


SAYA TIDAK BERTANGGUNG JAWAB BILA TERJADI HAL-HAL YANG MERUGIKAN YANG TERJADI DIKARENAKAN MENGIKUTI ISI HALAMAN INI.

LAKUKAN DENGAN RESIKO SENDIRI.

Sekian dan happy rooting,.. (^_^)

4 komentar

terimakasih sudah berkunjung bro, (y)

untuk memanagemen ijin akses administrator (request dari beberapa aplikasi yang membutuhkan hak khusus dalam bekerja)