Selasa, 22 September 2015

Single File: Penyimpan Laman Praktis Untuk Google Chrome


Bismillah,...

Ada satu ekstensi bagus untuk para pengguna web browser Google Chrome. Namanya adalah Single File. Ekstensi ini sangat berguna digunakan bagi Anda yang super sibuk.



Seperti yang tertulis dalam judul, ekstensi ini berfungsi untuk menyimpan halaman web namun lebih praktis. Yaitu, halaman web yang disimpan hanya berupa satu buah file .html. Tapi jangan salah,... walaupun hanya file .html-nya saja yang disimpan, konten didalamnya tidaklah hilang (kecuali file video). Semua konten seperti gambar dan style tersimpan menjadi satu.


Perhatikan file diatas, kami menyimpan dua buah halaman dari website yang sama. Satu kami menyimpanya menggunakan fasilitas yang dimiliki web browser yaitu Save As dan satunya lagi kami menyimpanya menggunakan ekstensi Single File.

Perhatikan ukuran file-nya. 2MB dan 31.6KB. Sangat jauh bukan? Itulah sebabnya mengapa ekstensi ini sangat bermanfaat karena dapat menyimpan sebuah halaman website lengkap kedalam sebuah file .html saja yang dapat dibaca menggunakan komputer, tablet ataupun handphone tanpa perlu aplikasi tambahan.

Bagaimana cara kerja ekstensi ini?


Ekstensi Single File ini mengambil dan membaca fitur eksternal (JavaScript dan CSS) dari sebuah halaman website lalu meuliskanya kedalam file .html utama. Sedangkan untuk gambarnya, ekstensi ini menggunakan fungsi base64 untuk merubah binari gambar kedalam format teks hingga dapat disimpan pada file .html dengan mudah.


Oke, cukup sekian untuk pembahasan dalemannya. Sekarang mari kita lakukan instalasi ekstensi ini.

Jalankan Google Chrome web browser kemudian buka alamat http://chrome.google.com/webstore. Setelah halaman terbuka, gunakan mesin pencari untuk mempercepat peoses instalasi. Masukan kata kunci "singlefile" kemudian tekan enter.


Dari hasil pencarian akan terlihat dua temuan teratas, yaitu SingleFile dan SingleFile Core. Pasang keduanya.




Klik pada baris SingleFile kemudian klik tombol Add to Chrome yang berada di sudut kanan atas.


Jika muncul pop-up konfirmasi, klik Add sebagai tanda setuju.


Lakukan hal yang sama pada ekstensi SingleFile Core.



Setelah kedua ekstensi berhasil dipasang, masuk ke halaman Extensions Google Chrome untuk melakukan konfigurasi ekstensi SingleFile. Chrome Menu --> More Tools --> Extensions.


Klik Options pada baris SingleFile lalu sesuaikan opsi dengan kebutuhan.


Untuk menggunakanya, buka halam web yang ingin disimpan kemudian klik ico SingleFile untuk memproses halam web yang dimaksud.


Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi download seperti berikut.


Selamat berburu ilmu!