Sabtu, 03 Oktober 2015

Membuat Penutup Lampu Tahan Air Dari Botol Bekas


Bismillah,...

Pada proyek kali ini saya akan membuat penutup lampu tahan air dari botol bekas softdrink. Proyek ini adalah dokumentasi dari program daur ulang di gudang. Yuk ikuti langkah-langkah praktisnya,... :-)



Bahan yang diperlukan adalah sebuah botol bekas softdrink yang berukuran besar, lem bakar atau yang lebih dikenal dengan lem tembak (bisa didapat dari toko elektronika terdekat), cutter, gunting dan korek api.



Untuk botolnya, usahakan menggunakan botol yang bentuknya rata. Jangan yang seperti labu (lihat gambar) karena akan menyusahkan nantinya.


Langkah pertama yang dilakukan adalah melubangi tutup botol sebesar ukuran kabel yang digunakan menggunakan cutter.


Setelah berhasil membuat lubang pada tutupnya, yang kedua adalah memotong botol itu sendiri sesuai dengan kebutuhan. jangan terlalu panjang untuk menghindari pemampatan suhu panas dan jangan terlalu pendek untuk menghindari percikan air.


Gunakan cutter atau gunting (gunakan gunting yang tidak berkarat) untuk memotongnya.


Yang ke tiga, masukan kabel ke dalam lubang pada tutup botol, ke dalam botol, lalu pasang kabel ke dop/ dof/ rumah lampu.


Ukur panjang gantungan kabel dari leher botol lalu tutup lubang pada tutup botol menggunakan lem bakar. Berhati-hatilah dalam melakukanya karena akan terasa panas bila terkena tangan.

Tips
Bila ukuran batang lem bakar terlalu besar, lebih baik di belah kecil-kecil untuk mempersingkat waktu pembakaran.





Lakukan berulang-ulang sampai rata.


Selesai,... sangat mudah dan cepat kan? :D

Inilah hasilnya:


Saya menambah sedikit penutup lain di atas lampu agar tidak kejatuhan ranting pohon karena lampu ini saya letakan di halaman belakang di bawah pohon.