Sabtu, 09 Januari 2016

Diagram Editor Untuk Perangkat Blackberry OS 7

Ilustrasi: openclipart.org

Bismillah,...

Bicara soal diagram editor, saya sebenarnya belum menemukan satupun yang berjalan pada perangkat mobile kecuali perangkat berbasis Android. Tapi pada judul postingan kenapa saya menyebut diagram editor untuk Blackberry? Ya, saya menyebutkan demikian karena saya menemukan sebuah aplikasi buatan anak negeri yang sangat powerful. Nama aplikasi tersebut adalah CaptureNux -- sudah pada tau kan? --. Aplikasi yang sejatinya adalah aplikasi screenshot ini ternyata memiliki fasilitas yang -- bisa dikatakan -- lengkap hingga memungkinkan untuk digunakan sebagai diagram editor sederhana.






CaptureNux menyediakan dua fungsi utama dalam paket aplikasinya. Yaitu CaptureNux (screenshot) dan CanvasNux (editor foto). Untuk mendapatkanya, bisa dengan men-download langsung melalui Blackberry World dari perangkat. Dan satu lagi, CaptureNux adalah aplikasi gratis.



Sedikit tentang CanvasNux. CanvasNux, mirip seperti foto editor lainya yang dibuat untuk perangkat Blackberry. Dia memiliki fungsi efek warna -- namun tidak sebanyak aplikasi sejenis --, dapat menambah teks, dapat memotong gambar (corp), dapat memutar gambar (rotate), dapat menyisipkan (insert) gambar lain dan yang paling saya suka, juga yang paling berperan dalam pembuatan gambar diagram adalah, fleksibilitas yang sangat tinggi terhadap elemen clipart.

Sebagai gambaran, berikut ini adalah sebuah gambar diagram sederhana yang saya buat dengan CanvasNux (CaptureNux) ini.





Bagaimana? Lumayan bukan?


CanvasNux memiliki landing page yang berbeda dengan aplikasi sejenisnya. Landing page CanvasNux adalah berupa lembaran kosong berwarna putih dengan default item-nya berupa sebuah teks CaptureNux yang belum di draw (apply) dan dapat dihapus atau diedit kemudian.


Dari sini kita bisa menambah elemen dengan cara klik touchpad tengah atau melalui tombol menu Blackberry kemudian pilih Add++. Dari menu tersebut, maka akan muncul menu popup yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.


Seperti yang terlihat pada gambar diatas, menu-menu yang disediakan diantanya adalah:

    * Text - untuk menulis pada gambar
    * Arrow - untuk menambah penunjuk arah
    * Image - untuk menyisipkan gambar dari galeri
    * ClipArt - untuk menambah stiker
    * Crop Image - untuk memotong gambar
    * Filter - manipulasi warna foto
    * Help - bantuan
    * Rectangle - untuk menggambar bentuk persegi
    * Line - untuk menambahkan garis
    * Circle - untuk menggambar bentuk lingkaran




Untuk elemen ClipArt, kita bisa menambah elemen apapun dengan kategori yang berbeda secara manual ke ///SDCard/Blackberry/Pictures/CaptureNuxMeme//.


Sedangkan untuk koleksi klipart itu sendiri, bisa di dapatkan secara gratis juga di openclipart.org.

Tapi jangan lupa, dibalik kelebihan-kelebihan yang ditawarkan, tentu ada juga kekurangan yang terdapat didalamnya. Apa saja itu? Menurut saya ada tiga hal yang sangat disayangkan dari CanvasNux ini. Yang pertama adalah hasil editing tidak dapat disimpan dalam resolusi besar atau sedang karena maksimal resolusi yang didukung hanyalah seukuran layar handphone -- kasus saya menggunakan Blackberry Curve 9220, jadi maksimal resolusi yang dapat disimpan adalah 320x240px --. Yang kedua adalah CanvasNux tidak memiliki fasilitas multi layer yang artinya sekali elemen ditempatkan, maka sudah tidak dapat di pindah lagi. Lalu yang terakhir adalah, tidak adanya fungsi Undo dan Redo yang masalahnya sama dengan kekurangan pada point dua.