Minggu, 10 Januari 2016

Langkah Mudah Instalasi Google Chrome Pada Slackware Linux 14.1

Ilustrasi: logok.org

Bismillah,...

Siapa sih yang tidak tau dengan browser buatan Google ini? Simple dan mudah digunakan. Apalagi bila kita memiliki aku di Google, akan terasa sangat nyaman karena integrasi client server yang wah!!! Serasa punya komputer satu saja karena sesaat setelah kita login, maka browser pada komputer baru tersebut akan langsung meng-update konfigurasi yang telah dilakukan (konfigurasi terakhir pada browser aktif). Integrasi terhadap layanan-layanan yang disediakan juga sangat bagus. Seperti Google Drive, Google Docs, Google Photos dan masih banyak lagi. Tapi sayang, pada Slackware Linux versi 14.1, paket Google Chrome tidak tersedia di halaman download resminya (hanya paket RPM dan DEB saja yang tersedia) ataupun di slackbuilds.org (untuk versi Slackware 14.1). Sungguh sayang sekali.






Walaupun demikian, masih ada lho cara mudah instalasi Google Chrome pada Slackware Linux. Hanya beberapa langkah saja dan Google Chrome siap untuk digunakan.

Pertama-tama, dapatkan paket Google Chrome terbaru dari https://www.google.com/chrome. Pilih paket jenis RPM yang sesuai dengan arsitektur sistem/ komputer (32bit atau 64bit).



Kemudian,..... Sebelumnya akan saya jelaskan dulu kenapa harus memilih paket RPM untuk di download.

Begini, pada Slackware Linux (standard install), dalam paket instalasinya telah menyertakan sebuah paket yang bernama rpm2tgz. Paket ini digunakan untuk meng-convert paket installer RPM (Redhat Package Manager) menjadi paket TGZ atau TXZ (Slackware Package Installer: GNU Tar + GNU Zip format).

Sebenarnya tanpa merubah jenis paket installer-pun, proses instalasi dapat dilakaukan dengan paket RPM yang juga menjadi paket bawaan Slackware. Namun saya tidak pernah menggunakanya karena melakukan instalasi paket RPM dengan RPM Manager (istilah saya) pada Slackware sepertinya (ya, sepertinya, karena saya belum pernah menggunakanya! akan saya coba nanti. Semoga.) akan sedikit merepotkan.


Oke, cukup sudah basa-basinya. Sekarang langkah selanjutnya setelah paket selesai di download adalah merubah jenis paket dari RPM menjadi TGZ/ TXZ. Caranya, buka terminal lalu login sebagai root.





Untuk mulai merubah jenis paket, ketikan perintah:
# rpm2tgz <nama_paket>

atau
# rpm2txz <nama_paket>

dan tunggu sampai proses selesai.





Setelah paket berhasil di rubah, lakukan instalasi dengan perintah:
# installpkg <nama_paket>





Dan Google Chrome-pun siap digunakan!