Selasa, 05 Januari 2016

Salah Ambil Paket BB? Ini Trik Sederhana Untuk Push Email (Gmail dan Yahoo).

Gambar: wowwebworks.com

Bismillah,...

Beberapa hari lalu, saya mendapat sebuah handphone Blackberry dari seorang teman (barter dengan Android) yang hampir membuat saya gila karena akun email saya tidak dapat di set-up! Entah benar atau tidak, karena saya kurang mahir untuk memahami jenis paket Blackberry, tapi saya mendapat info ini bukan dari operator selular.






Sebelumnya, sudah banyak cara saya lakukan agar saya dapat mengakses akun email saya melalui Blackberry ini, namun semuanya gagal.





Dan karena hanya bisa membuat satu akun baru yang disediakan operator, maka saya manfaatkan saja dengan mengaktifkan fasilitas forwarding pada server email (pada kasus ini saya menggunakan layanan Gmail) Gmail.

Langkah-langkahnya, aktifkan atau buat akun baru yang disediakan oleh operator selular dan RIM. Kemudian login ke webmail Gmail untuk melakukan pengaturan email forwarding.

Pada halaman Gmail, klik logo Gear disudut kanan atas lalu pilih Settings.




Klik Forwarding and POP/IMAP pada halaman selanjutnya.



Klik Add a forwarding address lalu masukan alamat email aktif pada Blackberry. Klik Next untuk melanjutkan.





Pada jendela yang muncul, klik Proceed lalu OK.





Buka email yang masuk pada Blackberry dan ikuti link yang diberikan. Pada jendela browser, klik Confirm.




Kembali ke layar komputer dan masih pada halaman Settings, tab Forwarding, check pada radiobox Forward a copy of incoming mail dan pilih Keep Gmail copy pada pilihan dropdown di sebelah kanan lalu tarik halaman ke bawah dan pilih Save Changes.






Update Yahoo mail:


Untuk webmail Yahoo, peng-aktifan email forwarding bisa dilakukan seperti berikut.

Masuk ke halaman email lalu klik logo Gear di sudut kanan atas lalu pilih pengaturan.



Pada jendela yang muncul, di sebelah kiri pilih menu Account lalu pilih pilihan Yahoo (yang berisi akun Anda).



Geser halaman kebawah dan pilih Teruskan (Forward). Isi alamat email penerima pada kolom yang disediakan, pilih aksi untuk email yang diteruskan lalu klik verifikasi. Selanjutnya, buka email yang dikirim oleh Yahoo ke alamat email penerima dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk melakukan verifikasi. Setelah berhasil klik Simpan untuk mengakhiri.



Memang trik ini tidak dapat memanage akun secara langsung dan hanya bisa memberitahu email baru yang masuk. Tapi paling tidak, saya akan menggunakan trik ini sampai paket BIS Full Lite yang saya gunakan habis dan beralih ke BIS Full Service yang tidak Lite untuk mencoba akun multi email pada perangkat Blackberry ini.