Rabu, 08 Juni 2016

Trik Hemat Kuota Internet Android Non-Xiaomi (MIUI)

Bismillah,...

Beberapa waktu lalu saya memuat sebuah tulisan dengan topik yang sama seperti topik pada edisi ini. Namun, berbeda dengan edisi sebelumnya yang menggunakan handphone Xiaomi atau yang menggunakan ROM MIUI, pada edisi ini, handphone atau ROM yang digunakan tidak terpaku pada produk tertentu alias dapat diterapkan di berbagai versi Android.



Pada edisi ini saya menggunakan aplikasi gratis yang bernama NetGuard. Aplikasi ini bisa didapatkan dari tautan berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=eu.faircode.netguard.

NetGuard tidak memodifikasi permision suatu aplikasi untuk memblokir akses internetnya, tapi menggunakan konfigurasi VPN lokal untuk membelokan akses internet ke localhost. Jadi Anda tidak perlu melakukan rooting pada handphone karena NetGuard tidak memerlukan akses root untuk bekerja.

Oke, dari tautan diatas, download – bisa melalui web interface atau Google Play Store – dan install NetGuard, lalu jalankan.


Saat NetGuard pertama kali dijalankan, akan ditampilkan sebuah notifikasi yang berisi tentang persetujuan penggunaan atau yang lebih umum disebut dengan lisensi. Tap Oke untuk menyetujuinya.


Selanjutnya, pada antar muka utama NetGuard, tap tombol ON/OFF yang berada di sudut kiri atas untuk mengaktifkan fungsi utamanya.



Pada Android versi 5 keatas, menyangkut masalah izin akses, maka akan ditampilkan pesan popup seperti berikut yang memberitahukan bila NetGuard membutuhkan izin untuk membuat konfigurasi VPN pada sistem. Tap Oke, lalu Oke lagi untuk memberi izin.




Setelah NetGuard melakukan konfigurasi VPN lokal dan aktif, saatnya Anda melakukan atau menentukan aplikasi mana saja yang akan di blokir akses internetnya.

Tapi sebelumnya, mari kita kenali dulu antar muka NetGuard agar proses konfigurasi menjadi mudah. Perhatikan gambar berikut.


Gambar diatas adalah jendela utama NetGuard yang menampilkan daftar aplikasi beserta tombol-tombol ajaibnya. Saya ambil contoh satu daftar aplikasi saja. Yaitu BCA mobile.

Fungsi dari tombol ajaibnya saya jelaskan urut dari kiri ke kanan.

Tombol Show/ Hide: Tombol ini digunakan untuk menampilkan dan menyembunyikan konfigurasi lanjutan aplikasi yang di maksud. Pada contoh ini adalah BCA mobile.

Nama Aplikasi: Tampilan logo dan nama aplikasi yang terinstall pada ponsel.

WiFi ON/ OFF: Tombol ajaib untuk mengaktifkan pemblokiran akses internet melalui jaringan WiFi.

Mobile ON/ OFF: Tombol ajaib untuk mengaktifkan pemblokiran akses internet melalui jaringan mobile.

Secara default, NetGuard tidak memblokir akses internet dari aplikasi apapun yang ditandai dengan logo WiFi dan Mobile berwarna hijau. Sedangkan setelah pemblokiran akses internet diaktifkan pada aplikasi tertentu, logo akan berubah warna menjadi orange dan dicoret miring. Untuk mengaktifkan dan me-non-aktifkanya, tap pada logo WiFi dan atau logo Mobile.


Gambar berikut menampilkan perbedaan antara pemblokiran akses internet yang tidak aktif dan yang aktif pada aplikasi tertentu.


Dan, perlu diketahui lagi bila pemblokiran yang aktif, default-nya, hanya memblokir akses internet WiFi atau Mobile saat handphone dalam keadaan standby saja (dalam keadaan layar handphone mati). Namun saat layar handphone menyala, maka aplikasi dapat melakukan akses internet melalui jalur WiFi atau Mobile.

Untuk memblokir akses internet dalam keadaan apapun, tap pada tombol ajaib Show/ Hide.



Gambar diatas adalah tampilan dari opsi lanjutan NetGuard. Untuk penjelasan mengenai tombol-tombol ajaibnya, perhatikan gambar berikut.


Penjelasan dari tombol ajaib konfigurasi lanjutan NetGuard adalah seperti berikut:

Apply rules and conditions: Tombol atau check mark ini digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan konfigurasi yang telah dibuat.

Tombol ajaib dengan logo gir (gear):   Tombol ini digunakan untuk membuka konfigurasi aplikasi yang terdapat pada menu sistem Android (Settings → App → Nama Aplikasi).

Tombol ajaib dengan logo kotak berisi panah: Tombol ini digunakan untuk menjalankan aplikasi (dalam contoh adalah BCA mobile).

Allow Wi-Fi when screen is on: Tombol atau check mark ini digunakan untuk mengaktifkan dan me-non-aktifkan pemblokiran jaringan Wi-Fi saat ponsel menyala. Default nilainya adalah ON (ter-centang).

Allow mobile when screen is on: Tombol atau check mark ini digunakan untuk mengaktifkan dan me-non-aktifkan pemblokiran jaringan mobile saat ponsel menyala. Default nilainya adalah ON (ter-centang).

Block when roaming: Tombol atau check mark ini digunakan untuk mengaktifkan dan me-non-aktifkan pemblokiran jaringan mobile saat menggunakan jaringan roaming.

Tombol ajaib dengan logo tempat sampah: Tombol ini digunakan untuk menghapus konfigurasi pemblokiran NetGuard pada aplikasi yang bersangkutan.


Lakukan konfigurasi sesuai kebutuhan dengan tombol-tombol ajaib diatas untuk mengatur penggunaan paket data dan menghemat kuota internet yang harganya sangat mahal.

Yang terakhir, Anda bisa mengatur default akses internet untuk aplikasi yang baru di install dari menu konfigurasi NetGuard. Dengan merubah nilai default ini Anda dapat menentukan apakah aplikasi baru tersebut boleh mengakses internet atau tidak.


Pada jendela Settings, di menu Default, silahkan Anda sesuaikan dengan kebutuhan.


Setelah semuanya selesai dikonfigurasi, seharusnya Anda dapat menemukan notifikasi seperti berikut ini.