Senin, 10 Oktober 2016

Akses root pada Termux Terminal Emulator

Termux adalah sebuah terminal emulator untuk Android yang mengadopsi sistem pemaketan Debian. Tidak seperti keanyakan terminal emulator yang tersedia, Termux, selain menyediakan antar muka yang familiar (karena mengadopsi manager pemaketan Debian yang umum digunakan), juga menyediakan repositori berarsitektur ARM yang selalu update. Pada repositori yang disediakan, banyak  program yang dapat diinstall dengan mudah termasuk peralatan jaringan dan pengembangan (development).


Termux bekerja menggunakan custom environment dengan memanfaatkan app-space sehingga lingkungan yang dibawanya sangat mirip seperti saat kita bekerja dengan Linux. Termux membawa sendiri semua paket binarinya yang kemudian diletakan dan disusun sedemikian rupa yang tidak akan mengganggu paket binari sistem.

Semua berjalan baik-baik saja untuk penggunaan standard. Namun akan terjadi masalah saat kita akan menjalankan suatu program yang memutuhkan hak akses root. Kenapa? Karena lingkungan yang diciptakan oleh Termux hanya berlaku untuk dirinya saja (Termux itu sendiri).

Dan, beberapa waktu lalu, Termux merilis paket yang bernama tsu untuk mengatasi masalah ini. Untuk menggunakanya, cukup jalankan perintah tsu pada terminal.

Proses instalasi dilakukan sama seperti saat meng-install aplikasi lainya.

$ apt update
$ apt install tsu








Catatan: untuk menjalankan binari tsu, pastikan smartphone telah di-root

2 komentar

jalankan saja perintah tsu (tanpa parameter) yang sudah diinstall