Rabu, 02 November 2016

Cara Menggunakan Windows Stick Loader



Berikut adalah cara menggunakan USB bootable Windows Stick Loader yang dapat dibeli dari toko.dhocnet.info.




Pengenalan

Apa itu Windows Stick Loader?

Windows Stick Loader adalah sebuah flaskdisk yang memiliki kemampuan untuk memuat file-file installer sistem operasi Microsoft Windows. Installer yang didukung oleh Windows Stick Loader adalah installer Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10.

Dengan menggunakan USB Windows Stick Loader, Anda dapat melakukan instalasi sistem operasi Microsoft Windows pada netbook, notebook dan komputer yang tidak memiliki atau sedang mengalami kerusakan pada DVD drive-nya. Atau mungkin Anda tidak ingin ribet dengan menyimpan kepingan DVD karena lebih praktis dan mudah menyimpan installer dalam USB.

Penggunaan

Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah DVD installer sistem operasi Microsoft Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan atau Windows 10.

Pada contoh saya menggunakan file *.iso lalu memuat(mount)-nya sebagai drive DVD virtual.

Klik kanan pada file *.iso yang dimaksud lalu pilih Mount seperti pada gambar dibawah.



Tunggu beberapa saat sampai file berhasil dimuat dan muncul drive virtual baru.

Kemudian sambungkan USB Windows Stick Loader ke komputer atau laptop. Tunggu sebentar sampai USB Windows Stick Loader terbuka.



Pada DVD Drive virtual dari file *.iso tadi, salin semua file yang ada didalamnya lalu letakkan/ paste ke dalam USB Windows Stick Loader.



Pindah direktori aktif ke USB Windows Stick Loader, klik kanan lalu letak/ paste-kan disitu.



Setelah proses penyalinan selesai, maka selesai sudah proses pembuatan installer Windows via USB. Langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi prioritas booting komputer atau laptop ke USB Windows Stick Loader. Pada langkah ini Anda bisa menggantinya langsung pada pengaturan utama BIOS atau dengan menggunakan fasilitas boot option dengan menekan tombol khusus seperti ESC pada asus, F2, F9 pada Compaq seri lama dan beberapa menggunakan F12 untuk membuka menu boot option.


Mengganti prioritas booting melalui menu utama BIOS.

Menggunakan fasilitas boot option dengan menekan tombol ajaib (ESC, F2, F9, F12 dan lain-lain).

Lebih lanjut tentang konfigurasi booting silahkan merujuk pada manual bios masing-masing.



Installer Windows 7 berhasil dijalankan menggunakan USB Windows Stick Loader.

Alternatif

Selain dengan cara memuat (mount) file *.iso ke drive virtual, Anda juga bisa langsung meng-ekstrak-nya menggunakan aplikasi WinRar atau 7Zip beperti gambar berikut.




CATATAN!!!
JANGAN MEMFORMAT FLASHDISK UNTUK MENJAGA KEMAMPUAN BOOTABLENYA!!!