Jumat, 27 Januari 2017

Termux Android (Shell) Terminal Emulator


Apa itu Termux? Termux adalah terminal atau shell emulator untuk Android yang berguna untuk menjembatani interaksi antara pengguna dan sistem operasi dengan antarmuka baris perintah. Seperti Konsole atau Gnome-Terminal pada Linux Desktop.



Dari sekian banyak terminal emulator yang ada di Google Play Store, Termux merupakan terminal emulator terbaik menurut saya karena Termux juga menyediakan repositori paket yang telah di compile untuk beberapa jenis prosesor, siap dipasang dan tidak membutuhkan akses root. Namun perlu dicatat, Termux hanya dapat berjalan pada sistem Android dengan versi 5.0 ke atas.

Bagi Anda yang baru mengenal Linux dan ingin belajar bagaimana memerintah sistem Linux, Anda dapat menggunakan Termux untuk latihan karena Termux memiliki banyak paket yang siap dipasang seperti yang dimiliki oleh Linux pada komputer.

Instalasi bisa Anda lakukan dari Google Play Store, atau klik disini untuk instalasi melalui antarmuka web. Install paket utama Termux dan Termux Api. Setelah instalasi Termux selesai, jalankan Termux untuk proses instalasi sistem minimalnya.


Setelah proses instalasi minimal system Termux selesai, jalankan perintah berikut untuk meng-update paket-paket yang telah terinstall:

$ apt update

dan

$ apt upgrade

jika terdeteksi ada paket baru yang tersedia.


Selanjutnya, untuk instalasi paket program lainya Anda bisa melakukanya dengan perintah:

$ apt install nama_program

Untuk melihat daftar paket yang tersedia perintahnya adalah:

$ apt list | more

Sedangkan untuk mencari paket menggunakan kata kunci tertentu, perintahnya adalah:

$ apt search kata_kunci

Oh iya, repositori Termux memiliki koleksi paket yang cukup lengkap. Anda juga dapat bermain-main dengan berbagai bahasa pemrograman pada Termux, seperti Python (v3), Python2 (v2.7), Perl, PHP, JavaScript (nodejs), Lua, C/C++ (clang, cmake), SqLite untuk database dan sebagainya.



2 komentar

bro ada tutorial buat jalanin termux via vnc ga ?

maksudnya menjadikan android sebagai server ssh?