Rabu, 08 Februari 2017

Tentang Termux, Terminal Emulator Untuk Android dan Instalasinya

Tentang Termux, Terminal Emulator Untuk Android dan Instalasinya - www.sukanikung.com

SukaNikung.com – Bagi pengguna sistem operasi Linux, kata terminal emulator tentu sudah tidak asing lagi. Bahkan hari-hari saat menggunakan komputer ber sistem operasi Linux, sebagian besar aktifitasnya selalu dilakukan menggunakan terminal emulator.


Lalu apa hubunganya dengan Termux? Termux adalah terminal emulator yang dibuat untuk dapat berjalan pada platform Android dan tahukah kamu jika Android adalah sistem operasi yang masuk ke dalam keluarga Linux?

Ya! Itu karena Android menggunakan Linux sebagai kernelnya (basis sistem). Inilah yang membuat Android dapat dijalankan pada banyak mesin (handphone) bahkan pada mesin yang memiliki spesifikasi rendah karena fleksibilitas Linux yang dapat dimodifikasi ke berbagai jenis mesin dengan mudah dan bebas.

Oke, kita kembali lagi ke pokok pembahasan, :-)

Dengan Termux kita dapat menjalankan berbagai program yang tersedia untuk Linux Desktop seperti aplikasi untuk remote komputer, OpenSSH, Telnet, GIT, Rsync dan program remote lainya. Bahkan pada repository Termux telah tersedia berbagai program untuk kebutuhan pengembangan. GCC, CMake, Python2, Python (v3), Perl, PHP, NodeJS dan lainya. Jadi Termux sangat cocok untuk Kamu-kamu yang biasa bekerja secara remote, pelajar yang sedang mempelajari pemrograman, hobbies dan tentu saja bagi semua yang ingin mempelajari bagaimana bekerja dengan Linux dengan tanpa menggunakan komputer atau laptop.

Tentu saja  diantara paket-paket hebat yang tersedia, Termux juga mengantongi jutaan perintah yang dapat dijalankan layaknya pada komputer Linux Desktop. Untuk yang sedang belajar tentang Bash scripting, jangan khawatir, Termux dapat mengatasinya.

Berikut ini langkah-langkah instalasi Termux terminal emulator pada Android.

Instalasi Termux
Termux dapat di pasang langsung melalui aplikasi Google Play Store atau klik disini untuk melakukan pemasangan via web. Agar Termux dapat menggunakan service Android seperti Kontak, SMS, GPS, Vibrasi dan lainya, silahkan pasang juga paket Termux API (klik disini untuk pemasangan via web).

Info: Termux terminal emulator untuk Android hanya dapat berjalan pada Android versi 5.0 keatas.

Persiapan Termux Setelah Pemasangan
Setelah proses pemasangan Termux selesai, jalankan Termux lalu tunggu beberapa saat sampai Termux selesai melakukan inisialisasi seperti gambar berikut.

Tentang Termux, Terminal Emulator Untuk Android dan Instalasinya - www.sukanikung.com

Lalu klik DO NOT SHOW AGAIN saat tampilan berikut ditampilkan.

Tentang Termux, Terminal Emulator Untuk Android dan Instalasinya - www.sukanikung.com

Langkah terakhir sebelum mulai menggunakan Termux adalah melakukan update paket ke versi yang lebih baru dengan menjalankan perintah apt update lalu apt upgrade jika tersedia paket yang lebih baru.

Tentang Termux, Terminal Emulator Untuk Android dan Instalasinya - www.sukanikung.com

Menggunakan Termux Terminal Emulator Pada Android
Termux mengadopsi sistem pemaket Debian Linux, yaitu APT. Jadi kamu bisa menggunakan perintah yang sama seperti perintah pada Debian Linux untuk menghapus dan memasang paket program.

Misalnya:
$ apt install python

Perintah di atas akan memasang interpreter Python (v3) beserta pustaka-pustaka yang dibutuhkan secara otomatis.

Selanjutnya, silahkan kamu ber-eksperimen dengan Termux Terminal Emulator.