Kamis, 27 April 2017

Tips Hemat Penyimpanan Internal Android (Bagian #1)

Tips  Hemat Penyimpanan Internal Android (Bagian #1) - www.sukanikung.com

www.sukanikung.com – Salah satu yang membuat Android digemari adalah banyaknya aplikasi yang tersedia untuk berbagai kebutuhan. Namun dibalik semua ketersediaan itu, tentu saja ada beberapa kendala. Salah satunya adalah keterbatasan ruang penyimpanan.




Belakangan ini Android memang dibekali dengan ruang penyimpanan internal yang besar. 8, 16 bahkan 32GiB! Namun tahukan Anda jika nilai penyimpanan tersebut tidaklah murni disediakan untuk kita sebagai pengguna. Namun nilai tersebut juga digunakan untuk menyimpan sistem Android itu sendiri dan aplikasi-aplikasi bawaanya.

Sebagai gambaran, saya meng-umpama-kan dengan handphone Android yang saya gunakan. Yaitu Motorola Moto E 2nd Gen LTE.

Motorola Moto E 2nd Gen LTE dibekali dengan ruang penyimpanan sebesar 8GiB. Namun hanya setengahnya saja yang dapat digunakan untuk menyimpan data dan aplikasi tambahan pengguna. Perhatikan gambar berikut.

Tips  Hemat Penyimpanan Internal Android (Bagian #1) - www.sukanikung.com

Jadi, semakin banyak fitur yang dibawa maka semakin besar juga ruang penyimpanan yang digunakan olen sistem dan data Android yang berarti semakin kecil juga penyimpanan yang bisa Anda gunakan.

Untuk mengatasi pembengkakan penggunaan memori internal oleh sistem Android, Anda bisa melakukan beberapa pengaturan sederhana. Salah satunya adalah mematikan fitur update otomatis pada aplikasi Google Play Store. Selain untuk menanggulangi pembengkakan penggunaan memori internal, mematikan fitur update otomatis ini juga dapat menghemat paket data yang Anda miliki karena Anda dapat memilih secara manual aplikasi mana saja yang akan di-update dan mana yang tidak.

Berikut adalah langkah-langkah mematikan fitur update otomatis Google Play Store.

Buka aplikasi Google Play Store di handphone Anda lalu usap jari dari kiri ke arah kanan untuk membuka menu. Kemudian usap menu yang ditampilkan ke atas lalu tap pada pilihan Setelan.

Tips  Hemat Penyimpanan Internal Android (Bagian #1) - www.sukanikung.com

Pada jendela Setelan yang terbuka, tap pada pilihan Update aplikasi secara otomatis lalu pilih Jangan update aplikasi secara otomatis.

Tips  Hemat Penyimpanan Internal Android (Bagian #1) - www.sukanikung.com

Pengaturan ini dapat mencegah update otomatis dari aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak Anda perlukan yang semakin baru semakin gendut saja ukuranya.

Dan jangan khawatir, walaupun Anda mematikan fitur update otomatis, Anda akan tetap mendapatkan notifikasi jika ditemukan versi terbaru dari aplikasi yang terinstall di handphone Anda. Jadi Anda dapat melakukan update satu-per-satu aplikasi yang Anda perlukan saja.