Jumat, 28 April 2017

Tips Hemat Penyimpanan Internal Android (Bagian #3)

Tips Hemat Penyimpanan Internal Android (Bagian #3) - www.sukanikung.com

www.sukanikung.com – Tips ke 3 (tiga) yang dapat dilakukan untuk melonggarkan penyimpanan internal ponsel Android adalah dengan me-non-aktif-kan aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan.




Android hadir dengan segudang fitur yang dapat memudahkan hobi sampai pekerjaan kita. Namun tidak semua aplikasi yang dibawanya adalah aplikasi yang kita butuhkan. Dan parahnya lagi, aplikasi bawaan Android tidak dapat dihapus begitu saja karena diperlukan langkah-langkah rumit dan ber-resiko untuk menghapus aplikasi bawaan Android.

Tapi jangan khawatir. Walaupun tidak dapat dihapus, aplikasi bawaan Android dapat di non-aktif-kan agar tidak memakan ruang penyimpanan karena aplikasi yang di non-aktif-kan tidak akan membuat data apapun di penyimpanan termasuk informasi update pun ikut di non-aktif-kan.

Untuk melakukanya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Buka Pengaturan atau Setelan, usap keatas dan temukan pilihan Aplikasi. Kemudian pilih aplikasi yang tidak digunakan untuk di non-aktif-kan.

Tips Hemat Penyimpanan Internal Android (Bagian #3) - www.sukanikung.com

Sebagai contoh, kami tidak menggunakan Google Drive sebagai aplikasi client pada ponsel. Jadi kami akan menon-aktif-kannya.

Tap pada baris Google Drive, kemudian tap pada tombol Nonaktifkan di jendela yang terbuka.

Tips Hemat Penyimpanan Internal Android (Bagian #3) - www.sukanikung.com

Dari gambar sebelah kanan diatas, terlihat bila sistem menampilkan jendela peringatan sebelum benar-benar me-non-aktif-kan aplikasi. Peringatan tersebut hanya untuk memastikan bila Anda melakukan hal yang benar dan Anda tahu resikonya. Yang dimaksud dengan resiko adalah jika Anda secara tidak sengaja me-non-aktif-kan aplikasi system.

Jika Anda telah yakin dengan tindakan yang Anda lakukan, tap tombol Menonaktifkan Aplikasi untuk me-non-aktif-kan-nya.

Pilih aplikasi lainya yang menurut Anda tidak terpakai dan non-aktif-kan seperti cara diatas. Berikut ini beberapa aplikasi yang kami non-aktif-kan karena tidak terpakai.

Tips Hemat Penyimpanan Internal Android (Bagian #3) - www.sukanikung.com

Langkah ini juga akan menghapus peluncur atau logo aplikasi sehingga aplikasi yang tidak terpakai tidak memenuhi layar. Namun harap diperhatikan setiap aplikasi yang akan Anda non-aktif-kan karena jika Anda salah memilih aplikasi, maka ponsel Android Anda tidak akan berjalan dengan benar.

Dan jika Anda telah melakukan kesalahan, Anda bisa meng-aktif-kan lagi aplikasi yang bersangkutan. Atau Anda bisa melakukan reset pengaturan ke pengaturan pabrik jika ponsel Anda tidak dapat dinyalakan.