Jumat, 28 April 2017

Tips Hemat Penyimpanan Internal Android (Bagian #4)

Tips Hemat Penyimpanan Internal Android (Bagian 4) - www.sukanikung.com

www.sukanikung.com – Tips ke 4 (empat) yang dapat dilakukan untuk membebaskan memori internal Android adalah dengan rutin membersihkan cache aplikasi.




Cache merupakan file-file yang disimpan dari hasil proses atau akses suatu aplikasi. Cache digunakan oleh aplikasi tertentu untuk digunakan di kemudian hari jika aplikasi tersebut mengakses sumber yang sama. Jadi dengan adanya cache, bandwidth atau quota dapat dihemat karena aplikasi hanya perlu membuka file yang tersimpan di ponsel secara lokal tanpa perlu melakukan koneksi dan download ke internet.

Jika dilihat dari fungsinya, file cache memang sangat berguna apalagi untuk Anda yang gemar melakukan aktifitas internet seperti browsing, streaming dan chatting. Namun sadarkah Anda jika file cache adalah salah satu penyebab ponsel Android kehabisan ruang penyimpanan?

Android sangat ketat terhadap akses aplikasinya. Tiap aplikasi hanya dapat menulis pada ruang kerja yang telah ditentukan yaitu pada direkori /data/data/namaaplikasi yang bertempat pada memori internal. Hal inilah yang membuat Anda akan kesulitan dalam mengontrol penggunaan penyimpanan.

Seperti yang telah disinggung pada paragraf pertama tulisan ini, yaitu rutin membersihkan file cache. Inilah salah satu langkah yang dapat Anda lakukan untuk membebaskan memori internal dari tumpukan file-file yang tidak terpakai.

File cache dapat dibersihkan menggunakan dua cara. Yaitu manual dan otomatis menggunakan bantuan aplikasi pembersih sampah.

Cara yang pertama, yaitu secara manual dapat Anda lakukan melalui menu SetelanAplikasi, dengan tingkat keberhasilan 99%. Sedangkan jika Anda menggunakan cara kedua, yaitu otomatis dengan bantuan aplikasi pembersih sampah atau cache cleaner, tingkat keberhasilanya adalah 70%. Kenapa? Karena, seperti yang telah kami tulis pada paragraf sebelumnya jika aplikasi pada Android mempunyai ruang kerja sendiri-sendiri yang menyebabkan suatu aplikasi kesulitan untuk membaca file yang dimiliki oleh aplikasi lainya.

Pada artikel ini kami tidak membahas cara kedua dalam membersihkan file cache Android karena sangat beragamnya aplikasi tersedia yang berfungsi sebagai pembersih cache. Namun jika Anda menginginkan artikel yang membahas cara kedua ini, Anda dapat membacanya pada artikel kami yang lain disini.

Baiklah mari kita mulai.

Dari tampilan menu, buka Setelan, usap layar ke bawah dan pilih Aplikasi. Pada jendela Aplikasi, pilih aplikasi mana yang ingin dibersihkan file cache-nya. Sebagai informasi, aplikasi yang memiliki file cache besar, kebanyakan adalah aplikasi client dari situs-situs sosial. Misalnya Instagram, Twitter, Facebook dan sebagainya. Bahkan beberapa aplikasi editor foto memiliki cache yang besar seperti Photo Grid dari Cheetah Mobile karena editor foto tersebut juga termasuk aplikasi client dari fasilitas foto sharing yang dimilikinya.

Berikut tampilan detail beberapa aplikasi serta informasi tentang nilai penyimpanan yang digunakan termasuk nilai file cache yang disimpannya.

Tips Hemat Penyimpanan Internal Android (Bagian 4) - www.sukanikung.com

Tips Hemat Penyimpanan Internal Android (Bagian 4) - www.sukanikung.com

Untuk menghapus file cache suatu aplikasi, tap pada tombol Hapus Cache. Langkah ini tidak berpengaruh apa-apa pada aplikasi bersangkutan selama yang Anda tap bukanlah tombol Hapus Data.