Jumat, 19 Mei 2017

Instalasi Clam Anti Virus Pada openSUSE Leap


blog.dhocnet.info – Bismillah, akhir-akhir ini sangat marak berita tentang virus Ransomware WannaCrypt (WC/ WannaCry) yang menyerang sistem operasi Microsoft Windows yang memanfaatkan, salah satunya, celah keamanan dari fitur data sharing SMB. Bagi pengguna sistem operasi Linux, hal ini mungkin tidak terlalu mengkhawatirkan. Tapi untuk sekedar berjaga-jaga karena sistem operasi Linux juga dapat terinfeksi virus, atau untuk menjaga data keluar-masuk tetap aman (data dari komputer lain), Anda dapat memasang anti virus ClamAV pada mesin Linux.




Pada artikel ini saya akan memuat tentang langkah-langkah instalasi anti virus ClamAV yaitu anti virus opensource dan multiplatform yang tersedia untuk berbagai sistem operasi dan distribusi Linux. Dsisini saya melakukan instalasi pada distribusi openSUSE Leap 42.2 Linux. Untuk Anda yang menggunakan distribusi Linux berbeda, silahkan menyesuaikan.

Untuk proses instalasi, saya menggunakan manager aplikasi zypper yang berjalan pada mode teks karena lebih cepat dan to-the-point. Berikut langkah langkahnya.

Buka root terminal dari KMenuSystemTerminal – Super user mode lalu masukan kata sandi root. Selanjutnya jalankan perintah zypper install clamav clamav-database.


Tekan enter saat ditampilkan dialog konfigmasi seperti gambar diatas.

Tunggu beberapa saat sampai proses download dan instalasi selesai lalu jalankan perintah freshclam untuk melakukan update devinisi/ database virus.


Untuk pemindaian, Anda bisa menggunakan perintah clamscan /folder/target.


Ooops!