Minggu, 28 Mei 2017

openSUSE 42.2 Leap Tidak Bersuara Saat Dihubungkan Dengan Speaker External


blog.dhocnet.info - Bismillah,... - Beberapa waktu lalu saya melakukan instalasi sistem operasi openSUSE pada laptop Asus. Semua berjalan normal kecuali dua hal. Yaitu tidak dapat menampilkan gambar video (hanya suara saja yang terdengar, terutama file video dengan format .mp4) dan tidak keluarnya suara audio saat dihubungkan ke speaker eksternal, headset ataupun speaker meja.




Setelah beberapa waktu mencari informasi, ternyata penyebabnya adalah paket ffmpeg. Lebih tepatnya, parameter yang digunakan saat proses kompilasi paket ffmpeg. Untuk mengatasinya, saya membuang paket ffmpeg yang terpasang dari repositori openSUSE dan menggantinya dengan paket dari repositori PackMan.

Langkah pertama, buka terminal emulator lalu login sebagai root dan hapus paket ffmpeg dengan perintah zypper remove -u ffmpeg.


Kemudian install atau pasang paket ffmpeg dari repositori PackMan dengan perintah zypper install -r “PackMan Repository” ffmpeg.


Karena paket ffmpeg yang akan dipasang bukan berasal dari repositori openSUSE dan openSUSE sendiri tidak dapat menangani paket dan dependensi paket dari repositori campuran, maka beberapa paket dependensinya juga akan mengalami perubahan vendor ke PackMan Repository.

Untuk merubah vendor paket ffmpeg dan dependensinya ke repositori PackMan, masukan angka 1 lalu tekan enter (perhatikan gambar diatas dan dibawah ini).


Tunggu sampai proses selesai dan selesai. Kini saya dapat mendengarkan musik melalui speaker eksternal.

Oh iya, untuk memasang paket dari repositori PackMan, Anda harus memasukan PackMan Repository ke daftar repositori software center openSUSE. Jika Anda belum melakukanya, klik disini untuk mendapatkan panduan.