Minggu, 04 Juni 2017

Parameter WGET Untuk Jaringan Yang Lambat

Parameter WGET Untuk Jaringan Yang Lambat

blog.dhocnet.info – Bismillah, wget merupakan salah satu tools jaringan yang berfungsi sebagai media transfer atau alat untuk mendunduh/ download berkas melalui jaringan internet yang dilengkapi dengan berbagai opsi. Beberapa opsi yang tersedia sangat berguna untuk digunakan pada jaringan siput (lambat, dan bahkan sangat lambat).




Opsi tersebut adalah --tries, --timeout, --wait, dan --continue.

--tries (-t)
Berfungsi untuk membatasi jumlah koneksi ulang setelah terputus. Beri nilai 0 untuk nilai tak terhingga agar wget terus melakukan koneksi ulang setelah terputus.

--timeout (-T)
Berfungsi untuk membatasi waktu koneksi sekian detik. Jika dalam waktu yang telah ditentukan belum mendapat respon, maka wget akan melakukan koneksi ulang.

--wait (-w)
Berfungsi untuk memberi jeda sekian detik setelah koneksi terputus sebelum melakukan koneksi ulang. Opsi ini bermanfaat untuk memberi sedikit waktu pada router untuk memperbaiki jaringannya jika memang bermasalah.

--continue (-c)
Opsi ini untuk melanjutkan proses download agar wget tidak mengulang setiap jaringan terputus.

Contoh:
$ wget -t 0 -T 10 -w 5 -c http://url_website/file_yang_ingin_di_download

Parameter WGET Untuk Jaringan Yang Lambat

Maksudnya adalah, ambil file dari url_website/file_yang_ingin_di_download, lanjutkan proses download jika ada file_yang_ingin_di_download dengan batas koneksi 10 detik tapi tunggu 5 detik sebelum melakukan koneksi ulang dan lakukan tanpa batas pengulangan sampai file ter download sepenuhnya.

Dengan parameter seperti diatas, maka wget akan terus mencoba untuk mendownload file yang Anda maksud sampai selesai atau sampai jaringan Anda benar-benar putus.